Selasa, 10 Januari 2017

Teknik Produksi Penyiaran (Materi Siaran 2)

Assalamu'alaikum wr.wb.
 


A. Pengertian

   Proses penyiaran terjadi sejak ide itu diciptakan sampai dengan ide itu disebarluaskan. Langkah-langkahnya meliputi penggagas ide yang dalam hal ini adalah komunikator, kemudian ide itu diubah menjadi suatu bentuk pesan yang dapat dikirimkan baik verbal maupun nonverbal melalui saluran dan atau sarana komunikasi yang memungkinkan pesan itu mampu menjangkau khlayak luas (komunikan).

B. Latar Belakang

     Bersumber dari kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan kaya sampai pada kalangan yang kurang mampu, semua kalangan masyarakat membutuhkan pendidikan. Banyak ragam dari pendidikan, pendidikan formal, non formal, dan informal. Pendidikan formal dilakukan didalam kelas tertentu dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Tetapi  berbeda dengan pendidikan non formal, pendidikan ini tidak terikat waktu dan tempat. Pendidikan dengan model ini dapat dilakukan dengan apapun, siapapun, dan kapanpun. seperti dengan media Radio, berbagai macam pendidikan dapat dilakukan melalui media radio seperti pendidikan karakter, pengetahuan umum  dan lain-lain.  oleh karena itu makalah ini dibuat untuk member pengetahuan para pembaca tentang  media radio sebagai sarana pendidikan baik formal maupun non formal.

     Sistem komunikasi radio adalah sistem komunikasi yang tidak menggunakan kawat dalam proses perambatannya, melainkan menggunakan udara atau ruang angkasa sebagai bahan penghantar. Dengan demikian media radio cocok digunakan untuk pendidikan karena tidak terbatas ruang dan menggunakan udara sebagai perantara.

3. Tujuan

   Bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari teknik-teknik dari dasar produksi penyiaran.

4. Pembahasan

  Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

     Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

    Seorang programmer profesional selalu mempertimbangkan bagaimana setiap program yang disiarkannya agar digemari oleh pendengar ataupun penonton. Hal -hal yang harus dipertimbangkan saat kita merencanakan progrm siaran yaitu seperti dibawah ini :
  1. Product : materi program yang dipilih harus yang berkualitas dan disukai oleh audiens.
  2. Price : biaya yang harusodgunakan untuk membeli atau memproduksi program. Menekan biaya seefisien mungkin untuk memaksimalkan keuntungan yang optimal.
  3. Place : jadwal penayangan program yang tepat bagi setiap program dengan target penonton, berdadsarkan life style mayarakat yang bersangkutan dengan perhitungan menjadwalkan program yang tepat akan sangat membantu keberhasilan dari program yang dibuat.
  4. Promotion : proses memperkenalkan setiap program secara semaksimal mungkin dengan memanfaatkan potensi sendiri dan media lainnya untuk mendapatkan audien sebanyak-banyaknya. 
    Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum bagian program memutuskan untuk memproduksi, melakukan akuisisi dan kemudian melakukan skeduling terhadap suatu program, yaitu : persaingan, ketersediaan audien.

1) Analisis dan Strategi Program

Perencanaan program pada dasarnya bertujuan memproduksi atau membeli program yang akan ditawarkan kepada pasar audien. Dengan demikian, audien adalah pasar karenanya setiap media penyiaran yang ingin berhasil harus terlebih dahulu memiliki suatu rencana pemasaran strategis yang berfungsi sebagai panduan dalam menggunakan sumber daya yang dimiliki. Strategi pemasaran ditentukan berdasarkan analisis situasi. Analisis situasi ini terdiri atas: analisis peluang dan analisis kompetitif.

2) Bauran Program

Salah satu konsep pemasaran penting yang harus dipahami pengelola media penyiaran adalah mengenai bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri atas empat variabel penting : product, price, place, dan promotion.

Kelebihan Radio :
  1. Radio mengandalkan suara manusia untuk mendekatkan diri dengan khalayaknya. Oleh karena itu kualitas suara penyiar mutlak penting. Orang-orang hanya akan mau mendengarkan siaran radio apabila suara penyiarnya menarik, meskipun mereka tidak mengenal siapa orangnya.
  2. Materi program radio dapat diproduksi secara cepat dan murah, bahkan hanya dengan memasang pesawat telepon saja suatu acara bisa dilangsungkan.
  3. Penemuan transistor dan teknik redifusi membuat radio begitu populer sehingga dinikmati oleh jutaan orang, termasuk yang buta huruf.
  4. Karena kesederhanaan operasinya, suatu stasiun radio bisa memancarkan siarannya dalam berbagai bahasa. Ini sangat ideal bagi negara-negara yang memiliki banyak etnik dan bahasa daerah. Radio juga menjadi wahana komunikasi yang handal di daerah-daerah yang kekurangan listrik.
        Dalam proses sosialisasi bagian program kepada pihak lain/klien biasanya disampaikan pada marketing gethering yag rutin dilakukan stasiun televisi. Adapun point penting yang harus disampaikan bagian-bagian program yaitu:
  1. Presentasi siaran : Disampaikan pada instansi luar agar memahami batasan-batasan program pada masing-masing jenis , format dan pemilihan tema acara.
  2. Kebijakan pengadaan program : instansi luar, rumah produksi dan pengiklanan dapa menerima informasi kebijakan siaran terhadap presentase siaran, program-program siaran dari dalam negeri serta program-program impor.

E. Kesimpulan

    Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam kita akan membuat suatu program penyiaran haruslah mempertimbangkan segala aspek dapat berupa modal, place dan sebagainya untuk mendapatkan pendengar / audient sebanyak-banyaknya.

F. Referensi
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Penyiaran
  • http://inespratiwi.blogspot.co.id/2012/11/dasar-dasar-produksi.html
  • https://studycommunication.wordpress.com/2012/10/13/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia/ 
  • https://rahmadrivaldi95.blogspot.co.id/2014/05/makalah-dasar-dasar-penyiaran-radio.html
Sekian dan Terimakasih

SMK Bisa!!

Wasalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.